10 Negara yang Punya Kereta Canggih Tercepat Di Dunia
1. Jepang
Kereta: JR-Maglev MLX01
Kecepatan: 361 mph
Kapasitas: Eksperimental
Jepang adalah pemimpin dunia ketika datang ke kereta api berkecepatan
tinggi, membuka modern pertama di dunia rel kecepatan tinggi pada tahun
1964. Jepang pertama membuat terobosan di lapangan ketika mereka
memperkenalkan seri pertama dari Shinkansen Tokaido "kereta peluru,"
yang dapat mencapai kecepatan puncak 130 mph. Kereta api peluru awal membawa lebih dari 100 juta penumpang hanya dalam tiga tahun pertama.
Saat ini, kereta api masih beroperasi di jalur rel tersibuk di dunia,
membawa 378.000 penumpang sehari. Kereta maglev juga telah dikembangkan
di Jepang sejak tahun 1970-an. Pemerintah telah menyetujui rencana untuk
sebuah proyek $ 112.400.000.000 untuk membangun jalur kereta Maglev
antara Tokyo, Nagoya, dan Osaka, dengan tanggal penyelesaian 2027.
Berkecepatan tinggi ini direncanakan kereta diharapkan untuk memotong
waktu perjalanan saat ini antara Tokyo dan Osaka dari dua jam dan 18
menit pada Shinkansen hanya lebih dari satu jam. Saat ini, JR-Maglev
eksperimental MLXO1 dianggap kereta tercepat di dunia, dengan kecepatan
361 mph atas dalam uji coba pada tahun 2003.
2. Prancis
Kereta: TGV V150
Kecepatan: 357 mph
Kapasitas: Eksperimental
Prancis melaju di depan seluruh Eropa dalam lomba untuk membangun berfungsi penuh pertama kecepatan tinggi jaringan kereta api.
Alstom pertama kali dikembangkan kereta TGV menghantam trek pada tahun
1981, dengan layanan antara Paris dan Lyon. Sejak itu, jaringan ini
telah diperluas untuk layanan 150 tujuan di Perancis dan negara-negara
tetangga.
Terbatas pada kecepatan hingga 200 mph selama pelayanan normal, TGV V150
eksperimental mencapai kecepatan 357 mph rekor pada 2007-membuat kereta
tercepat kedua di dunia. Kecepatan tinggi teknologi TGV yang digunakan
dalam kereta api nasional di banyak negara Eropa termasuk Inggris,
Belgia, Belanda, dan Jerman. Bulan lalu, kereta api Alstom pembuat
Perancis menandatangani kesepakatan awal untuk membangun jalur rel
kecepatan tinggi di Irak menghubungkan kota-kota Baghdad dan Basra.
3. Cina
Kereta: CRH380AL
Kecepatan: 302 mph
Kapasitas: 600 penumpang
Cina telah terpanjang di dunia jaringan berkecepatan tinggi kereta api
dengan lebih dari 6.000 kilometer dari rute dalam pelayanan.
Hal ini juga menawarkan rute rel kecepatan tinggi terpanjang, dengan
pembukaan Beijing-Shanghai lini awal bulan ini. Rute 819 mil dibuat
menggunakan 60 juta meter kubik beton, dua kali jumlah yang digunakan
dalam Bendungan Tiga Ngarai. Sementara kereta CRH380AL beroperasi pada
kecepatan 186 mph, kereta mencapai kecepatan 302 mph rekor dalam uji
coba. China pertama berkecepatan tinggi baris, yang dibuka pada tahun
2007, 40,6 juta penumpang melihat perjalanan itu hanya dalam dua tahun
pertama. Pemerintah berharap untuk meregangkan berkembang pesat Cina
jaringan berkecepatan tinggi untuk 28.000 mil pada akhir 2015.
4. Jerman
Kereta: Transrapid TR-07
Kecepatan: 270,3 mph
Kapasitas: Eksperimental
Jerman adalah sebuah bangsa yang telah di garis depan kecepatan tinggi
teknologi rel. Ini rumah untuk Siemens, produsen terbesar di dunia
kereta api berkecepatan tinggi. Perusahaan Jerman Siemens dan
ThyssenKrupp telah mengembangkan sistem Transrapid, berkecepatan tinggi
kereta api monorel beroperasi pada levitasi magnetik (maglev) teknologi,
yang dapat mencapai kecepatan 311 mph. Pada tahun 2004, kereta Maglev
Shanghai di China adalah kereta Transrapid komersial pertama untuk
mengangkut penumpang, memukul kecepatan 267 mph.
Meskipun kereta api levitasi magnetik dikembangkan di Jerman, mereka
tidak pernah digunakan secara komersial di negara ini. Teknologi ini
telah menghadapi beberapa kemunduran, termasuk biaya tinggi dan
kecelakaan yang menewaskan 25 orang selama uji coba pada 2006.
Sebaliknya, InterCityExpress (ICE) sistem telah diadopsi secara nasional
sejak 1991. Ini kereta api berkecepatan tinggi menghantam kecepatan 199
mph dan menghubungkan kota-kota Jerman dengan kota-kota di Swiss,
Austria, Belgia dan Belanda. Sebuah kereta ICE bencana dekat desa Jerman
Eschede pada tahun 1998 dianggap paling mematikan di dunia kecepatan
tinggi kecelakaan kereta api, menyebabkan kematian 101 orang.
5. Spanyol
Kereta: AVE Kelas 103
Kecepatan: 251 mph
Kapasitas: 404 penumpang
Spanyol memiliki jaringan rel kecepatan tinggi terpanjang di Eropa,
dengan 3.433 mil dari trek. Dengan enam berkecepatan tinggi dan beberapa
jalur kereta bawah konstruksi, pemerintah Spanyol bertujuan untuk
memiliki 90 persen dari penduduknya yang berjarak 31 kilometer dari
stasiun berkecepatan tinggi pada tahun 2020. Kereta api negara tercepat
adalah seri AVE, yang diproduksi oleh pembuat kereta api, termasuk
Siemens, Alstom dan Bombardier.
Para AVE Siemens buatan Kelas 103 kereta mulai layanan komersial pada
tahun 2007, dan mencapai kecepatan 251 mph catatan selama tes berjalan
antara Madrid dan Zaragoza. Kecepatan puncak maksimum untuk kereta api
komersial di Spanyol terbatas pada 186 mph untuk keselamatan penumpang.
Euro-zona krisis utang dan rencana penghematan Portugal telah
menghentikan rencana ekspansi besar, yang akan telah menghubungkan
ibukota Spanyol Madrid dengan Lisbon di Portugal. Hubungan kereta
berkecepatan tinggi akan memotong waktu perjalanan antara dua kota
hingga dua jam dan 45 menit bukan sembilan jam saat.
6. Italia
Kereta: ETR 500 Frecciarossa
Top Speed: 225 mph
Kapasitas: 590 penumpang
Salah satu pionir awal Eropa kecepatan tinggi teknologi rel, Italia
adalah rumah bagi baris pertama Eropa kereta berkecepatan tinggi.
Florence-Roma garis kecepatan tinggi membuat sejarah ketika lebih dari
setengah dari seluruh panjang-yang pertama 86 mil dari Roma ke Citta
della Pieve dibuka pada tahun 1977.
Kereta di trek mencapai kecepatan maksimum 160 mph. Sejak itu, jaringan
berkecepatan tinggi kereta api negara itu telah tumbuh secara
substansial, dengan kecepatan tinggi mencapai garis utara sejauh Torino
ke selatan sejauh Napoli. Italia buatan ETR 500 adalah seri kereta
tercepat di negeri ini, dengan yang ETR 500 Y1 Model memukul kecepatan
hingga 225 mph pada tahun 2009 dalam perjalanan antara Florence dan
Bologna. Tidak semua orang senang dengan kemajuan, namun.
Awal bulan ini, lebih dari 200 orang terluka dalam unjuk rasa menentang
pembangunan sebuah terowongan 36 kilometer yang direncanakan di utara
Susa lembah yang akan memotong tiga jam dari tujuh jam perjalanan kereta
saat ini antara Paris dan Milan. Pengunjuk rasa mengatakan garis
berkecepatan tinggi akan merusak daerah dan konstruksi dapat melepaskan
bahan kimia berbahaya.
7. Britania Raya
Kereta: Eurostar 3313/14
Top Speed: 208 mph
Kapasitas: 750 penumpang
Eurostar telah mengubah cara Eropa Barat perjalanan. Sejak mulai
beroperasi pada 1994, yang berbasis di London jaringan berkecepatan
tinggi kereta api menghubungkan Inggris dengan kota-kota di Perancis dan
Belgia melalui terowongan bawah tanah di Selat Inggris, sering disebut
sebagai Dengan kereta api dan 27 link ke lebih dari "Chunnel." 100
destinasi di seluruh Eropa, jaringan ditandai 100 juta penumpang pada
bulan Agustus 2009. Jalur rel membawa penumpang dengan kecepatan hingga
186 mph.
Para 3313/14 Eurostar memecahkan rekor kereta api Inggris ditetapkan
pada tahun 1979 dengan mencapai kecepatan 208 mph pada tahun 2003.
Jaringan kereta api baru-baru ini dibawa ke pengadilan oleh pembuat
kereta Perancis Alstom atas keputusan untuk memberikan kontrak $ 600
juta untuk 10 kereta api baru untuk pembangun Jerman Siemens. Namun,
pengadilan Inggris menolak aplikasi untuk memiliki kontrak ditangguhkan.
Alstom adalah kedua terbesar di dunia pembuat kereta dan pemasok semua
kereta Eurostar yang ada.
8. Korea Selatan
Kereta: KTX-I
Top Speed: 190 mph
Kapasitas: 965
Rel kecepatan tinggi Korea Selatan jaringan, yang dikenal sebagai Korea
kereta ekspres (KTX), membawa lebih dari 100.000 penumpang per hari pada
dua lini. Pada bulan April 2010, rekor 178.584 orang menggunakan
kecepatan tinggi jaringan kereta api negara itu. Setelah 12 tahun
konstruksi, garis kecepatan tinggi pertama dibuka pada 2004, memangkas
waktu perjalanan dari Seoul modal untuk kota pelabuhan Busan hingga dua
jam dan 40 menit, setengah waktu yang dibutuhkan sebelumnya. Waktu
tempuh antara dua kota berkurang dengan 22 menit lebih jauh ketika baris
kedua dibuka.
Dampak dari rel kecepatan tinggi telah dirasakan oleh industri
penerbangan dalam negeri, yang telah melihat kapasitasnya menyusut lebih
dari 30 persen antara 2003 dan 2007. Meskipun pengenalan murah maskapai
penerbangan dalam negeri telah membantu permintaan untuk perjalanan
udara tumbuh lagi, tingkat penumpang masih di bawah apa yang mereka
digunakan untuk menjadi sebelum rel kecepatan tinggi diperkenalkan.
9. Taiwan
Kereta: THSR 700T
Top Speed: 186 mph
Kapasitas: 989 penumpang
Rel kecepatan tinggi Taiwan proyek, yang biaya total $ 18 miliar,
merupakan salah satu rencana terbesar di dunia kereta api swasta yang
didanai konstruksi. Negara THSR kereta 700T telah memotong waktu
perjalanan dari 4,5 jam sampai 90 menit pada rute 214 mil dari ibukota
utara Taipei ke kota selatan Kaohsiung. The 30 kereta api berkecepatan
tinggi, yang mulai beroperasi pada 2007, didasarkan pada 700 Jepang
Shinkansen Seri model "kereta peluru". Sebuah catatan 36,9 juta
penumpang naik kereta api pada 2010, meningkat 14 persen dari tahun
sebelumnya.
Kecepatan tinggi sistem kereta api negeri ini telah menjadi berita utama
baru-baru ini setelah pemerintah mengatakan jaringan tidak mungkin
bertahan lebih dari 10 tahun karena tanah tenggelam disebabkan oleh
terlalu sering menggunakan air tanah. Bulan lalu, pemerintah mengatakan
akan tutup sumur air tanah dalam yang mengancam dasar struktural dari
sistem berkecepatan tinggi.
10. Russia
Kereta: Siemens Velaro RUS
Top Speed: 175 mph
Kapasitas: 600 penumpang
Tercepat Rusia kereta kecepatan tinggi berjalan pada Moskow-St.
Petersburg line, dan memulai debutnya pada bulan Desember 2009.
Jerman-dibangun Velaro RUS kereta api, juga dikenal sebagai Sapsan,
telah memotong waktu perjalanan untuk rute 401-mil dari delapan jam
sampai tiga jam dan 45 menit. 10-mobil kereta penumpang beroperasi pada
kecepatan maksimum 155 mph, tapi mencapai rekor kecepatan 175 mph selama
persidangan pada tahun 2009.
Delapan kereta api berkecepatan tinggi yang bernilai hampir $ 1 miliar.
Rusia ingin memperluas jaringan berkecepatan tinggi kereta api lebih
cepat dari hosting Piala Dunia FIFA 2018. Negara ini telah mengundang
investor asing untuk penawaran kontrak pembangunan untuk baris baru yang
akan menghubungkan kota-kotanya.
Di sini kami menyusun sebuah daftar negara dengan kereta api tercepat di
dunia didasarkan pada kecepatan maksimum yang diukur dalam mil per jam
(mph). Kami telah menyertakan rekor kecepatan memukul saat berjalan
sidang levitasi listrik dan magnetik (Maglev) kereta api, serta
orang-orang model eksperimental. Angka-angka didasarkan pada serangkaian
laporan publik yang tersedia, serta informasi dari organisasi seperti
Kereta Api Lembaran Internasional dan Pusat Penerbangan Asia Pasifik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar